Undelete Plus Free

English

Terkadang kita menghapus dokumen yang ternyata kemudian dokumen tersebut masih kita butuhkan. Atau bahkan mungkin secara tidak sengaja dokumen tersebut terhapus karena keteledoran kita atau orang lain (komputer pake bareng-bareng sih). Apalagi ‘tong sampah’ komputer sudah terlanjur dikosongkan juga atau kita menjalankan perintah penghapusan tanpa ditampung di ‘tong sampah’ (shift+del)! Apa kata dunia? (bukan iklan ini!)😦

Mungkin kita bolehlah coba freeware yang satu ini. Undelete Plus, sebuah aplikasi utility ringan yang dapat melakukan inspeksi terhadap dokumen-dokumen yang telah kita hapus (terhapus) di Hard disk dan mencoba mengembalikan dokumen-dokumen tersebut.

Ajaib? Tidak juga. Ketika kita menghapus dokumen, secara default Windows tidak serta merta menghilangkan informasi mengenai dokumen yang kita hapus tersebut. Jadi masih tersisa jejak-jejak (trace) dari dokumen yang kita hapus tersebut di Hard Disk kita. Namun kalo kita delete pake utility secure file deletion yang menggunakan teknik Data Remanence yang akan menghapus dokumen sampai beberapa tingkat, yang ini sulit untuk mendeteksi trace-nya kembali, kecuali dengan intervensi hardware! Nah, cara kerja dari Undelete Plus adalah dengan melakukan scanning secara mendalam (untuk mengakses trace) pada Hard Disk untuk menemukan kembali sisa-sisa jejak dokumen kita yang masih memiliki kemungkinan untuk diselamatkan kembali.

Undelete Plus dapat me-recovery dokumen-dokumen yang terhapus dari Hard Disk dengan format (FAT, NTFS), floppy disks, CompactFlash, SmartMedia, MultiMediaCard, SecureDigitalCards dan UFD.

Setelah proses scanning selesai, Undelete Plus akan menampilkan file-type icons pada jendela kirinya yang memudahkan kita untuk mencari dokumen yang ingin kita kembalikan berdasarkan tipe dokumen. Kita juga dapat menampilkannya berdasarkan rumah dari dokumen itu tinggal (folder).

(Click to enlarge)

Hasil scanning yang muncul juga bisa kita urutkan (sort) berdasarkan nama dokumen, alamat dokumen (path), status dokumen, ukuran dokumen, tanggal pembuatan ataupun pengubahan dokumen untuk lenih memudahkan navigasi kita.

(Click to enlarge)

Undelete Plus juga dapat menyaring (filter) dokumen yang terdeteksi berdasarkan ukuran, tanggal pengubahan serta bagian dari nama dokumen untuk pencarian dokumen yang lebih spesifik tentunya.

(Click to enlarge)

Sebagai aplikasi bebas pakai, menurutku Undelete Plus cukup bagus dalam me-recovery dokumen yang terhapus, ya sekitar 90% -lah tingkat keberhasilannya. Dari pengalamanku, berikut sedikit tips agar proses recovery dengan aplikasi ini dapat berhasil dengan optimal:

  1. Ketika kita menyadari bahwa ada dokumen kita yang terhapus, jangan melakukan aktivitas penyimpanan data apapun dalam komputer kita. Mengapa? Proses penyimpanan data ini bisa saja menimpa trace dokumen yang terhapus tersebut sehingga kemungkinan keberhasilan recovery akan berkurang, hal ini terlihat dari hasil scanning yang status-nya menyatakan “Overwritten”. Jadi jalankan Undelete Plus sesegera mungkin!
  2. Dokumen yang akan recovery sebaiknya disimpan pada media lain (semisal kalo dokumen yang mo kita recovery berada di Hard Disk, maka sebaiknya hasil recovery kita simpan di UFD, begitu juga sebaliknya). Mengapa? Recovery pada media yang sama akan memunculkan kemungkinan untuk menimpa trace pada media itu sendiri, sehingga hasil recovery ada kemungkinan “corrupted”.

Jadi, tidak ada salahnya kita mencoba aplikasi yang satu ini, lha wong gratis dan legal bro! Get it!

11 Responses

  1. coba dulu yah bunk

  2. Terimakasih infonya mas, SMU 2 KEDIRI jl.Veteran ya. Kalau saya dari SMK 1 Kediri/STM Negeri. Salam kenal mas

  3. thanks a lot, for sharing valuable soft

  4. Mudah2an bisa, sebab gw lagi nyari nih softwere yg bisa ngembaliin data gw yg terlanjur terformat
    Makasih bro…….
    Lam kenal aja

  5. gimana nih mas tetap saja harus punya serial numbernya…

  6. @yoes:
    anda download dari mana installer-nya? setahuku sekarang pihak pengembang sudah beralih ke program berbayar dengan mengganti nama program menjadi FileRestorePlus. jika anda ingin menggunakan yang versi freeware, silahkan download dari link yang ada di blog ini. terima kasih.

  7. mas ko masih serial number

    • anda download dari mana installer-nya? setahuku sekarang pihak pengembang sudah beralih ke program berbayar dengan mengganti nama program menjadi FileRestorePlus. jika anda ingin menggunakan yang versi freeware, silahkan download dari link yang ada di blog ini. terima kasih.

  8. bisa scan mmc gak gan..?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: