Windows XP/2000 FAT32 Formatting Limit

English

“Meskipun secara teori standar sistem format FAT32 dapat mendukung kapasitas drive sampai dengan 2TB, Windows 2000 Professional and XP Professional tidak mampu melakukan FORMAT drive lebih dari 32GB dengan format FAT32!”

Batas 127.5GB format FAT32 di sistem Windows 98 sudah tidak ada pada sistem Windows Me. Pada sistem Windows Me, dengan penggunaan cluster sebesar 32 KB, format FAT32 secara teori dapat mencapai kapasistas 8TB! Meskipun Windows 2000 dan Windows XP Professional dapat mengakses partisi FAT32 berapapun besarnya, namun Windows 2000 dan Windows XP Professional hanya mampu melakukan format FAT32 pada drive ‘hanya’ sampai dengan 32 GB. Lebih dari itu kedua sistem operasi tersebut hanya mendukung format NTFS.

Hard Disk eksternal (USB) yang aku punyai sebesar 80GB, awalnya aku menggunakan format NTFS pada partisinya drive-nya. Proses formatting yang aku lakukan tentu saja dengan menggunakan fasilitas ‘Disk Management’ bawaan Windows XP. Namun, masalah mulai timbul ketika Hard Disk tersebut memang diperuntukkan untuk keperluan mobile, ternyata sistem operasi Linux dan MacOs belum sepenuhnya support dengan format NTFS ini! (bisa sih dengan NTFS-3G, tapi aku pilih format FAT32 ajalah🙂 ). Terpaksa dech format ulang dengan format FAT32 supaya lebih reliabel. Masalah lain timbul ketika proses pen-format-an ulang dengan format FAT32 ditolak mentah-mentah oleh Windows XP! What going on?

Setelah bertanya pada seorang kawan, akhirnya aku mendapatkan clue kalo sistem operasi Windows XP hanya ‘mau’ melakukan format FAT32 tidak lebih dari 32GB, cape dech, emang aku harus buat 3 partisi? Dengan mengandalkan paman google, akhirnya dapat juga aplikasi kecil (388KB) nan gratis untuk melakukan format FAT32 tanpa batasan 32GB!

Aplikasi ini bernama Fat32Formatter buatan Tokiwa. Meskipun tanpa dokumentasi ‘Help’, namun dengan interface yang simple dan sedikit petunjuk ‘balloon tips’, kita bisa dengan mudah menggunakan aplikasi yang satu ini. Fat32Formatter tidak memerlukan instalasi karena tergolong aplikasi standalone atau mandiri. Bila anda membutuhkannya, silahkan download di sini.

One Response

  1. thx broo.. manstap! 😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: