CLAMAV GUI on PCLINUXOS 2007

English

Setelah puas dengan Hardy Heron dilaptopku, giliran komputer kantor aku tanemin sistem operasi linux. Kali ini aku ingin mencoba distro lain, akhirnya pilihan jatuh pada distro pclinuxos 2007 yang menggunakan enviroment KDE sebagai GUI default-nya. Ubuntu mengadaptasi GNOME meski distro ini juga menyediakan versi KDE-nya dengan distro Kubuntu. Tapi karena komputer kantor, ya aku tetep mempertahankan sistem operasi yang lama (apalagi kalo bukan Windows XP), dual booting dech jadinya.

Kalo di Hardy Heron laptopku aku beri avast! Linux Home Edition, di pclinuxos 2007 ini aku juga ingin mencicipi antivirus yang direkomendasikan oleh distronya, yaitu clamav. Antivirus ini dapat dijalankan langsung dengan text mode lewat terminal (semacam command prompt kalo di Windows). Namun, kita bisa menambahkan klamav sebagai aplikasi GUI dari antivirus ini. Kalo kita juga menanamkan dazuko, kita akan mendapatkan fitur tambahan berupa real time scanning seperti antivirus Windows pada umumnya. Dan enaknya lagi, semua itu bisa langsung kita peroleh dari Synaptic Package Manager! hehehe….🙂

(Click to enlarge)

One Response

  1. lg liat2 info antivirus di linux..makasi infonya
    yg di blog unair itu translate otmatisnya ya..
    br tau saya kl ada fitur itu di wp dot com skrg..🙂

Leave a Reply

